Relawan Beberes Masjid

at the first you make habbits, at the last habbits make you”
awalnya kita membuat kebiasaan, pada akhirnya kebiasaan itulah yang  membentukmu.

Prinsip berikut diatas FIX bagi saya banyak benernya. Seriussan ya awalnya dari sekedar ngobrol santey bersama Utsd Umar, ngobrol santey untuk mencari ide kegiatan untuk mengisi waktu luang. Tak lama dari hasil ngobrol santey itu langsung direalisasikan pada 1 April 2017 tercetuslah ide bersih-bersih masjid.

Mesjid pertama adalah mesjid Al Amanah di daerah Cikutra tepat dibelakang GOR C-Tra Arena. Saya bersama Utsd Umar, Kang Hadianto dan Kang Bani bersihin masjid ber empat, happy-happy aja waktu itu hingga waktunya pulang tidak ada obrolan lain.

Berjalan hingga beberapa kali membereskan masjid di wilayah terdekat tempat tinggal hanya ber empat saja dan kemudian menyusul gabung Kang Yudi. Berjalannya waktu ide semakin berkembang, seandainya beberes masjid ini menggerakan banyak orang (paling ga tidak hanya ber empat) akan terasa lebih ringan dalam pelaksanaannya, kemudian dibuatlah akun media sosial untuk mengajak beberapa relawan, yang selanjutnya kita namakan Relawan Beberes Masjid disingkat RBM.

Mengapa Sof harus beberes masjid? jawaban andalan bagi diri saya adalah ini nih hhe, yaoke semua orang kan memiliki waktu sehari semalam sama 24 jam, tapi kalo masalah kesempatan ibadah tentunya pasti berbeda-beda karena tentunya keseibukan aktivitasnya. Yang sebenarnya itu dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing untuk memilih. Membereskan masjid tersebut yang akan menjadi pembeda bagi saya untuk beribadah, disamping itu juga menghadirkan kesempatan untuk beraktualisasi diri dengan masyarakat.

Saya rasa visi ibadah itu tidak hanya berhenti sesaat kita amalan wajib saja. kita harus memiliki amalan rutin lainnya sebagai andalan. Kemudian dari itu hingga pada saat ini RBM dengan perkembangannya alhamdulillah menjadi komunitas yang di ikuti oleh beberapa kalangan. Kebersamaan yang penuh keakraban dan saling support terkhusus dalam kepentingan beberes masjid. Keberadaan kami disatukan atas kesadaran visi untuk memanfaatkan waktu untuk mengabdi terhadap Agama dan mengharap Ridha Allah SWT.

Kegiatan RBM dilaksanakan 1x setiap hari Sabtu di setiap pekan. Selama bulan April 2017 hingga Desember 2017 telah terhitung lebih dari 30 masjid. Beberapa catatan dari kutipan dari kandungan Al Quran tentang ajakan untuk menjadi RBM.

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S. Muhammad: 7)

 

Dan hendaklah ada golongan umat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar dan mereka itulah yang beruntung” (Q.S. Ali Imron: 104)

#aksi1

aksi pertama rbm

#aksi20

aksi pertama yang banyak

#aksi25

makan bareng pertama

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: