RBM Gaungkan Total Cintai Masjid

Relawan beberes masjid (RBM) sebagai salah satu komunitas yang peduli dalam kebersihan masjid kembali sukses menginisiasi kegiatan bebersih-bersih masjid yang bertajuk “bukan beberes biasa” di Masjid Agung Ujungberung Kota bandung pada Minggu 22 April 2018.

Masjid yang terletak di pusat kegiatan masyarakat Alun-alun ujungberung yang berkapasitas 600 jamaah ini menjadi target untuk dibersihkan karena merupakan masjid yang padat akan kegiatan setiap harinya sehingga RBM sendiri memandang kegiatan bersih-bersih kali ini adalah langkah stategis yang dapat meningkatkan syiar terutama dalam segi kebersihan sehingga jamaah masjid diharapkan akan lebih peduli kebersihan di masjid-masjid yang ada di daerahnya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut panitia menggandeng beberapa komunitas pemuda berbeda lainnya untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam kegiatan tersebut. Komunitas yang ikut andil dalam kegiatan tersebut diantaranya KPM, Gemas, Sesame Street Berbagi, P2U, Berkurma Bandung, yang melibatkan kurang lebih 200 orang peserta serta berhasil menghimpun beberapa donatur sebagai penyedia alat serta kebutuhan kebersihan.

Seperti yang diungkapkan ketua penyelenggara Muhammad Zakaria bahwa kita (RBM) bersama-sama dengan komunitas lainnya melakukan bersih-bersih masjid ini sebagai bentuk kampanye untuk menyerukan cinta masjid dimulai dari kebersihan.

RBM sendiri merupakan dibawah bimbingan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, DR. Dani Ramdan, MT yang secara langsung menghadiri kegiatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi dalam setiap gerakan yang dilakukan RBM. Munculnya komunitas pemuda yang cinta masjid ini menghiasi kegiatan-kegitan positif untuk para remaja khususnya yang ada dikota Bandung yang juga mengharapkan dapat membudaya dikalakangan remaja secara lebih luas lagi daerah Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam sehari beberes masjid ini meliputi manajemen kebersihan masjid, pengumpulan dana untuk peduli marbot, serta coaching clinik dari tenaga professional yang didatangkan khusus untuk membedah tentang tata-cara membersihkan sarana masjid. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja RBM guna membentuk Relawan yang professional dalam rangka mengestafetkan generasi muda yang cinta untuk membersihkan masjid.

Peserta yang mengiku aksi sangat antusias, kegiatan yang dilakukan dalam waktu 4jam tersebut dilakukan dengan sukacita riang gembira dan penuh rasa kebersamaan, rangkaian acara ditutup dengan tausiah dari ustd sinyo yang membawa pesan bahwa kemulyaan dari beberes masjid, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dengan semua relawan.

Harapan juga dilontarkan oleh Suhesti Irani yaitu peserta yang ikut beberesih, untuk kedepannya komunitas-komunitas positif seperti ini perlu ditingkatkan lagi sinerginya. Perlunya berbagi peran dengan mengoptimalkan potensi-potensi semua komunitas yang ada sehingga dapat membentengi pergaulan generasi muda ditengah gempuran akhir zaman dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang positif, salah satunya gerakan mencintai masjid.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: